A. JUDUL PENELITIAN

Analisis Perkembangan Investasi Asing Langsung Terhadap Perekonomian Indonesia Periode Tahun 1981-2010

B. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada pertengahan tahun 1997 Indonesia mengalami krisis ekonomi. Dampaknya terasa sampai saat ini yang mengakibatkan  pertumbuhan ekonomi berjalan sangat lambat. Salah satu cara untuk membangkitkan atau menggerakkan kembali perekonomian nasional seperti sediakala sebelum terjadinya krisis ekonomi adalah kebijakan mengundang masuknya investasi di Indonesia khususnya investasi asing yang  merupakan faktor penting untuk menggerakkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Investasi Asing Langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) bagi negara sedang berkembang  sangat diperlukan terutama bagi Indonesia yang membutuhkan dana yang cukup besar untuk melaksanakan pembangunan nasional. FDI juga merupakan sumber pembiayaan luar negeri yang paling potensial karena dapat menjamin kelangsungan pembangunan dibandingkan dengan aliran modal portofolio, sebab terjadinya FDI di suatu negara akan diikuti dengan transfer teknologi, keahlian manajemen, resiko usaha relatif kecil dan lebih menguntungkan (Parasmala, 2005).

Investasi merupakan salah satu unsur dalam meningkatkan kinerja ekonomi suatu negara. Dengan investasi yang dialokasikan secara optimal akan dapat meningkatkan nilai tambah yakni berupa peningkatan pertumbuhan ekonomi. Menurut Sunariyah (2003), pengertian investasi adalah penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.

Kesempatan dalam berinvestasi di Indonesia semakin terbuka, terutama bagi penanaman modal asing. Keterbukaan ini sejalan dengan era perdagangan besar yang dihadapi penanaman modal asing didorong bagi kegiatan ekspor dan kegiatan yang belum dapat dilakukan oleh modal dan tekhnologi dalam negeri. Kesadaran akan perlunya penanaman modal asing didasarkan atas harapan akan dapat memacu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi, meningkatkan peran aktif masyarakat serta memperluas lapangan kerja serta kesempatan kerja (Anonim, 2005).

Selain itu, beberapa penelitian terdahulu meninjau besar pasar suatu negara dengan melihat produk domestik bruto tiap tahunnya yang mempengaruhi secara signifikan akan masuknya investasi asing langsung di suatu negara. Masuknya investasi asing ke dalam perekonomian Indonesia menyebabkan PDB Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami kenaikan. Hal ini lah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian ilmiah dengan judul “Analisis Perkembangan Investasi Asing Langsung Terhadap Perekonomian Indonesia Periode Tahun 1981-2010”.

Perumusan Masalah

Dalam penelitian ilmiah ini, penulis akan mencoba mendeskripsikan Bagaimana Perkembangan Investasi Asing Langsung Terhadap Perekonomian Indonesia Sejak Tahun 1981-2010.

Tujuan Penelitian

Dari perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ilmiah ini adalah:

Untuk mengetahui Perkembangan Investasi Asing Langsung Terhadap Perekonomian Indonesia Sejak Tahun 1981-2010.

Manfaat Penelitian

Dalam penulisan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain:

1. Manfaat Akademis

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembaca yang dapat menjadi informasi bagi penelitian selanjutnya.

2. Manfaat Praktis

a. Bagi Pemerintah

Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya untuk mengambil kebijakan yang tepat untuk menarik investor asing menanamkan modalnya di Indonesia sebagai salah satu modal pembangunan.

b. Bagi penulis

Penelitian ini sangat bermanfaat dalam memperkaya pengetahuan dan wawasan.

Batasan Masalah

Agar permasalah tidak meluas, dalam penelitian ini pembahasan dibatasi pada periode yang diteliti yaitu pada tahun 1981 sampai tahun 2010. Karena pada tahun tersebut aliran FDI ke Indonesia cenderung mengalami fluktuasi yang diambil berdasarkan UNCTAD STAT (www. unctadstat.unctad.org).

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang mencoba memperoleh informasi dan memberikan gambaran mengenai status atau gejala pada saat penelitian.

C. TINJAUAN PUSTAKA

1. Investasi

Pengertian Investasi

 Ada banyak pendapat yang dikemukakan oleh berbagai pihak terhadap pengertian tentang investasi. Secara umum investasi adalah meliputi pertambahan barang-barang dan jasa dalam masyarakat, seperti pertambahan mesin-mesin baru, pembuatan jalan baru, pembukaan tanah baru dan sebagainya. Investasi juga diartikan sebagai pengeluaran yang dilakukan oleh para pengusaha untuk membeli barang-barang modal dan membina industri- industri.

Menurut Martono dan D. Agus Marjito (2002) menyatakan bahwa: “Investasi merupakan penanaman dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan kedalam suatu asset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan dimasa yang akan datang”.

Menurut Sutojo (1993): “Investasi adalah usaha menanamkan faktor-faktor produksi langka dalam proyek tertentu, baik yang bersifat baru sama sekali atau perluasan proyek atau pabrik yang sudah ada untuk memperoleh manfaat keuangan dan/atau non keuangan yang layak dikemudian hari.

2. Penanaman Modal Asing

Pengertian Penanaman Modal Asing

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal, Penanaman Modal Asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.

Menurut Munir Fuady, penanaman modal asing secara langsung dilihat dalam arti sempit. Yang dimaksudkan adalah model penanaman asing yang dilakukan dengan mana pihak asing atau perusahaan asing membeli langsung (tanpa lewat pasar modal) saham perusahaan nasional atau mendirikan perusahaan baru, baik lewat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau lewat departemen lain.

D. METODOLOGI PENELITIAN

Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah perkembangan Investasi Asing Langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) / (PMA) terhadap perekonomian Indonesia pada periode 1981-2010.

Dilakukannya penelitian FDI di Indonesia dari tahun 1981-2010 karena pada tahun 1981-2010 pertumbuhan FDI di Indonesia cenderung fluktuatif. Kondisi pertumbuhan yang berfluktuasi ini menunjukkan bahwa terjadi dinamika dari aliran FDI di Indonesia.

Data/Variabel yang Digunakan

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perkembangan FDI di Indonesia pada tahun 1981-2010, data diperoleh dari UNCTAD STAT (www. unctadstat.unctad.org).

Metode Pengumpulan Data

Dalam penelitian ilmiah ini penulis menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari UNSTAD STAT. Data tersebut adalah data perkembangan FDI di Indonesia pada tahun 1981-2010.

Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang mencoba memperoleh informasi dan memberikan gambaran mengenai status atau gejala pada saat penelitian.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai Analisis Perkembangan Investasi  Asing Langsung Terhadap Perekonomian Indonesia, maka dapat ditarik kesimpulan sesuai dengan permasalahan sebagai berikut:

  1. Aliran FDI baik dari luar negeri ke Indonesia maupun dari Indonesia ke luar negeri cenderung mengalami fluktuasi. Hal ini terlihat dari naik turunnya aliran FDI di Indonesia.
  2. Perekonomian Indonesia berpengaruh positif terhadap perkembangan investasi asing langsung karena baik atau buruknya keadaan ekonomi Indonesia mempengaruhi investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
  3. PDB, Inflasi, dan nilai tukar berpengaruh positif terhadap perkembangan investasi asing langsung di Indonesia.

 

About these ads