Social Network atau jejaring social mengalami perkembangan pesat saat ini. Social network adalah sebuah situs yang memungkinkan kita untuk berhubungan teman atau saudara untuk berbagi foto, video atau informasi lainnya tergantung dari sifat social media tersebut, bisa harus menjadi teman dahulu atau yang sifatnya open ( bisa dibuka siapa saja ). Seiring dengan meningkatnya penggunaan media social network telah mengakibatkan perubahan terhadap dunia pendidikan. Dari sisi perubahan tersebut ada yang dampaknya positif namun ada juga yang negatif.

DAMPAK POSITIF:

1. Sebagai media penyebaran informasi.
Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita sudah dapat mengakses informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era globalisasi seperti sekarang ini.
2. Memperluas jaringan pertemanan.
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Selain itu kita juga dapat menemukan teman lama kita yang sudah lama tidak terhubung dengan kita. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, dll.
3. Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial.
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.

DAMPAK NEGATIF:

Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) dan jejaring sosial juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa terhadap lingkungan sekitarnya.Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berinteraksi dengan dunia luar. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengalami penurun interaksi dengan sesamanya.
Dampak lainnya adalah kejahatan dunia maya. Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam salah satunya adalah hacking. Kejahatan seperti ini sangatlah mencemaskan para pengguna situs jejaring sosial didalamnya, untuk itu kita harus bisa menyiasatinya dengan cara sering mengganti password kita dan jangan sampai password account kita diketahui oleh orang lain.
Jejaring sosial juga dapat membuat seseorang keluar dari realitas dan menenggelamkan dirinya ke dalam dunia tiruan komunitas sosial di internet. Bukan bertemu dengan seseorang untuk bisa berbicara langsung tetapi duduk di depan komputer dan memeriksa apa yg sedang dilakukan oleh teman tiruannya di jejaring sosial.