Pentingnya Sistem Imun Bagi Tubuh Kita

“Yang membuat kita dapat Hidup dengan Sehat dan terhindar dari Penyakit adalah SISTEM IMUN TUBUH kita. Obat, Multivitamin, Herbal dan sebagainya Hanyalah Sebagai Pendukung

Apakah Sistem Imun Itu?

Didalam tubuh kita terdapat mekanisme perlindungan yang dinamakan sistem imun / sistem kekebalan tubuh. Sistem imun dirancang untuk mempertahankan tubuh kita terhadap jutaan bakteri, mikroba, jamur, virus, racun, parasit, dan sel kanker yang setiap saat dapat menyerang tubuh kita.

Info_4Life_Transfer_Factor_Indonesia_13

Sistem imun terdiri dari ratusan mekanisme dan proses yang berbeda yang semuanya siap bertindak begitu tubuh kita diserang oleh berbagai bibit penyakit tersebut. Salah satu contohnya adalah cytokines yang mengarahkan sel-sel imun ke tempat infeksi yang berfungsi untuk melakukan proses penyembuhan.

Sistem imun yang rusak terjadi apabila ia menjadi terlalu lemah atau terlalu kuat, sehingga menyebabkan penyakit. Faktor-faktor lingkungan juga dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah sehingga membuatnya kurang reaktif atau malah terlalu reaktif.

Ada 3 fungsi penting yang harus dimiliki sistem imun yang sehat :

  1. Kemampuannya untuk mengenali benda-benda asing seperti bakteri, kuman, virus, parasit, jamur, sel kanker, dan sebagainya. Fungsi ini penting bagi tubuh karena harus bisa membedakan mana kawan ( bakteri yang menguntungkan dan sel tubuh yang baik ) mana lawan ( virus, bakteri jahat, jamur, kuman, parasit, radikal bebas dan sel-sel yang bermutasi yang bisa menjadi tumor/kanker ) dan mana yang orang biasa ( alergen, pemicu alergi ) yang harus dibiarkan lewat.
  2. Bisa bertindak secara khusus untuk menghadapi serangan benda asing tersebut.
  3. Sistem imun mengingat penyerang-penyerang asing tersebut ( rupa & rumus kimiawi antibodi yang digunakan untuk mengalahkan mereka yang disimpan didalam Transfer Factor tubuh ) sehingga bisa dengan cepat menolak serangan ulang di masa depan.

Bagaimana Sistem Imun Bekerja Untuk Tubuh Kita?

Kunci utama sistem imun yang sehat adalah suatu kemampuan untuk membedakan antara diri sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh yang dikenali maka akan terjadi proses pertahanan diri.

Benda asing apapun yang memicu respons imun ini disebut antigen. Antigen dapat berupa mikroba seperti bakteri, virus, kuman, plasmodium, dan jamur bahkan jaringan tubuh individu lain yang masuk ke dalam tubuh seperti transplantasi organ tubuh bisa saja diperlakukan sebagai benda asing dan bisa menyebabkan reaksi penolakan tubuh. Oleh karena itu banyaknya organ transplantasi yang tidak bisa diterima tubuh dan dirusak oleh sistem imun kita.

Secara umum, mekanisme kerja sistem imun tubuh kita adalah sebagai berikut; saat ada antigen (benda asing yang masuk ke dalam tubuh) yang terdeteksi, maka beberapa tipe sel bekerjasama untuk mencari tahu siapa mereka dan memberikan respons. Sel-sel ini dapat memicu limfosit B untuk memproduksi  antibodi, yaitu suatu protein khusus yang mengarahkan kepada suatu antigen spesifik.

Contohnya pada waktu tangan kita tersayat pisau, berbagai macam bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terbuka tersebut.  Sistem imun tubuh kita langsung meresponnya dan menghalau penyerang itu sambil kulit berusaha untuk menyembuhkan dirinya dan menutup lukanya.  Kadang kuman yang harus dihadapi lebih banyak dan sistem imun kita dalam kondisi tidak optimal sehingga ada kuman yang lolos. Maka jadilah luka yang infeksi, bengkak dan bernanah.  Nanah dan bengkak itu juga menandakan bahwa sistem imun tubuh kita sedang terus bekerja.